Tegakkan Keadilan Hukum Di Tengah Kemajemukan Masyarkat Indonesia, Kata Menko Polhukam Dan Berita Dari Mainstream Dan Medsos.

20201216 HARI INI Rabu Berita Menarik semua.
Isue  paling menarik hari ini adalah Statemen Presiden ILC Karni Ilyas soal program ILC yang akan cuti tayang tahun depan. Wartawan senior ini menyebut program ILC yang tayang Selasa (15/12) tadi malam merupakan episode terakhir atau episode perpisahan.
Publik menduga, larangan tayang ini karena ILC terlalu berani dan ‘provokatif’ sehingga tidak menguntungkan dalam situasi sulit seperti sekarang ini. Namun manajemen tvOne punya sikap lain. Mereka menyebut, hak cipta dan hak siar program ILC milik pihak ketiga, bukan milik tvOne. Pihak manajemen tvOne berencana untuk menayangkan program ILC dalam platform digital.
Isu menarik lainnya adalah Polda Metro Jaya akan mengamankan acara perayaan misa Natal di 1.600 gereja yang tersebar di wilayah Jakarta. Dari jumlah tersebut, sekitar 316 gereja bakal mendapatkan pengamanan khusus. Selain itu, pemerintah memutuskan untuk melarang kerumunan dan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di tempat umum.
Menhan Prabowo Subianto mengangkat sobat lamanya, Suryo Prabowo sebagai Ketua Tim Pelaksana Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP), Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menegaskan, hingga saat ini belum ada pembicaraan soal rencana pembukaan hubungan diplomatik antara RI dengan Israel.
Menkes Terawan Agus Putranto mengingatkan anak buahnya di Kemenkes untuk tidak lakukan korupsi dalam persiapan pelaksanaan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) 2021. “Ingat transparansi, akuntabilitas, dan audit ya. Jangan coba-coba melakukan kolusi, korupsi, dan nepotisme,” tegas Terawan dalam keterangan rilis di Jakarta, Selasa (15/12). 

Berikut Isue selengkapnya :

1. Presiden ILC Karni Ilyas menyatakan, program ILC yang tayang Selasa (15/12 malam, menjadi episode perpisahan. Karni tidak menjelaskan alasan program ILC cuti tayang pada tahun depan. Ia hanya mengatakan ILC pada malam ini akan mengambil judul “Renungan Akhir Tahun: Dampak Tekanan Ekonomi, Ibu Bunuh Anak, Suami Bakar Isteri”.
“Dear Pencinta ILC: Sekalian kami umumkan edisi ini adalah episode terakhir akhir tahun ini dan merupakan episode perpisahan. Sebab mulai tahun depan berdasarkan keputusan manajemen TV One, ILC dicutipanjangkan sementara waktu. Mohon maaf sebesar-besarnya kepada Pencinta ILC,” tulis Karni melalui akun twitternya, kemarin.

2. Manajemen tvOne menyatakan, Program Indonesia Lawyers Club (ILC) cuti tayang tahun depan. Ke depan program tersebut akan ditayangkan di platform digital. Manajemen tvOne menyatakan bahwa ILC adalah sebuah brand and program televisi yang hak cipta dan hak siarnya dimiliki oleh pihak ketiga, bukan tvOne.
“Program ILC yang selama ini tayang di tvOne adalah hasil kerja sama yang didasari oleh kesepakatan antara tvOne dan pemilik hak siar ILC,” kata Manajemen tvOne, dalam keterangannya, Selasa (15/12).

3. Polda Metro Jaya akan mengamankan acara perayaan misa Natal di 1.600 gereja yang tersebar di wilayah Jakarta. Dari jumlah itu, sebanyak 316 gereja bakal mendapatkan pengamanan khusus. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pengamanan khusus itu dilakukan karena gereja tersebut lokasinya berdampingan dengan masjid. “Ada 316 gereja yang memang bukan dianggap rawan ya, karena memang berdampingan dengan masjid sehingga perlu ada perhatian khusus,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (15/12).
Kabid Humas Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, sebanyak 8.179 personel gabungan TNI/Polri akan diterjunkan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah Jakarta. “Kekuatan yang akan kita siapkan sebanyak 8.179 personel gabungan baik itu dari Pemprov DKI sendiri, TNI-Polri,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Selasa (15/12).

4. Pemerintah memutuskan untuk melarang kerumunan dan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di tempat umum sebagai upaya mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19. Keputusan itu diambil dalam Rakor Penanganan COVID-19 secara virtual di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali yang dipimpin Menko Marves Luhut B Pandjaitan, kemarin. Luhut meminta implementasi pengetatan dimulai pada 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

5. Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membatasi jam buka atau operasional restoran dan mal di ibu kota pada libur akhir tahun. Pembatasan dimulai pada 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. Luhut menjelaskan, batas operasional diperpendek menjadi hingga pukul 19.00 untuk mal, restoran, dan tempat hiburan di Jabodetabek. Permintaan itu untuk mengantisipasi kenaikan kasus virus corona pasca libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

6. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan pihaknya tidak akan menggelar perayaan tahun baru. Peniadaan perayaan kali ini merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta mencegah penyebaran virus corona. Sebelumnya, setiap malam tahun baru Jakarta selalu menggelar sejumlah acara perayaan tahun baru. Biasanya, perayaan tahun baru di Ibu Kota dipusatkan di wilayah Sudirman-Thamrin hingga kawasan Monumen Nasional atau Monas. “Kita membatasi kegiatan-kegiatan malam tahun baru, di DKI Jakarta tidak ada perayaan tahun baru,” kata Riza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (15/12).

7. Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo menyatakan, hasil rekonstruksi bentrokan polisi dengan anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) yang dilakukan penyidik pada Senin (14/12) belum final. ‘’Apabila ada temuan baru terkait tambahan keterangan informasi, saksi atau bukti-bukti lain, tentunya tidak menutup kemungkinan bisa dilanjutkan dengan proses rekonstruksi lanjutan,” katanya di Gedung Bareskrim, Jaksel, Selasa (15/12).
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, sejauh ini pihaknya mengusut perihal dugaan penyerangan terhadap petugas kepolisian oleh anggota laskar FPI dalam Antara polisi dengan anggota lascar FPI di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek, pecan lalu. “Proses yang kami tangani terkait laporan penyerangan terhadap petugas. Tentunya kami akan mendudukkan dalam posisi yang manakala ada masukan yang lain, yang sebaliknya, kami juga akan akomodir,” kata Listyo di Gedung Bareskrim, Jaksel, Selasa (15/12/).

8. Tim kuasa hukum Front Pembela Islam (FPI) secara resmi telah mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terhadap Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran terkait penahanan Pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab dan penetapan lima anggota FPI sebagai tersangka dalam kasus kerumunan Petamburan.
Kuasa hukum FPI, Aziz Yanuar mengatakan, pihaknya telah mendatangi PN Jaksel sekitar pukul 12.30 WIB untuk menyerahkan berkas pengajuan gugatan praperadilan tersebut. “Kita telah mendaftar ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, penggugatnya itu keenam tersangka dan materi yang digugat adalah penangkapan keenam tersangka dan penahanan Habib Rizieq Shihab,” ujar Aziz, Selasa (15/12).
Tim Kuasa Hukum Front Pembela Islam (FPI), Kamil Pasha menyatakan, penggunaan Pasal 160 KUHP yang disangkakan kepada Rizieq Shihab terkait penghasutan tidak memiliki bukti materiil yang jelas. Bukti materiil ini merujuk pada Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 7/PUU-VII/2009. Menurut Kamil, pasal tersebut tidak bisa digunakan sebab tidak ada pihak yang merasa dihasut oleh pernyataan Rizieq dalam ceramahnya pada Maulid Nabi di Markas FPI, Petamburan seperti yang disangkakan pihak kepolisian.

9. Ratusan simpatisan Muhammad Rizieq Shihab menggelar demonstrasi di Polres Metro Bekasi Kota, pada Selasa (15/12). Mereka menuntut aparat kepolisian segera membebaskan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu. Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Alfian Nurrizal mengatakan dalam aksi massa tersebut menyampaikan empat tuntutan kepada pihak kepolisian. Yakni, membentuk tim investigasi dan membebaskan Habib Rizieq tanpa syarat, jangan ada kriminalisasi ulama, tegakkan keadilan, dan tidak ada diskriminasi hukum kepada siapa pun.
Sementara itu, polisi membubarkan kerumuman massa simpatisan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang hendak menggelar aksi unjuk rasa di Mapolres Tangerang Selatan, Selasa (15/12). Sedianya, mereka menuntut pembebasan Rizieq yang kini ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya usai ditetapkan jadi tersangka kasus kerumunan massa di Petamburan, Jakarta Pusat.

10. Menhan Prabowo Subianto mengangkat sobat lamanya, Suryo Prabowo sebagai Ketua Tim Pelaksana Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) yang berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI. Sementara Suryo Prabowo bersama sejumlah pejabat lainnya telah dilantik Menhan dalam Upacara Pengambilan Sumpah Pejabat Tim Pelaksana dan Tim Ahli KKIP di Kantor Kemenhan RI, Jakarta, kemarin.

11. Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah sedang menyelesaikan aturan tentang pelaku perjalanan antarkota. Aturan ini disusun karena selalu terjadi tren kenaikan kasus Covid-19 setiap usai libur panjang. Menurutnya, aturan ini juga untuk memetakan risiko akibat mobilitas sosial saat pandemi Covid-19. Dijelaskan, aturan yang sedang digodok itu merinci persyaratan perjalanan, mekanisme perjalanan dan langkah yang harus dilakukan pelaku perjalanan setelah kembali ke tempat asalnya. “Pemerintah saat ini sedang melakukan finalisasi kebijakan terkait dengan pelaku perjalanan. Terutama (perjalanan) antarkota,” ujar Wiku, Selasa (15/12).
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta rumah sakit tidak melakukan promosi terkait program vaksinasi Covid-19 sebelum ada keputusan resmi dari pemerintah. Hal itu merespon tindakan sejumlah rumah sakit swasta yang mulai lakukan penawaran pre-order vaksinasi Covid-19 mandiri kepada masyarakat. “Jangan lakukan promosi terkait program vaksinasi sebelum ada keputusan resmi pemerintah untuk mencegah kesimpangsiuran di tengah masyarakat,” kata Waiku Adisasmito, kemarin.

12. Bawaslu tengah menangani 104 kasus dugaan politik uang di Pilkada 2020. Selain itu juga menangani 21 kasus dugaan pelanggaran terkait netralitas aparatur sipil negara (ASN) dan dugaan pelanggaran terkait kampanye di luar jadwal sebanyak 11 kasus.
Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, 104 kasus dugaan  politik uang tersebar di 19 propinsi yakni Lampung, Jabar, Jatim, Sulsel, Sultra, Kaltim, Sumut, Jateng, Kalsel, Kaltara, NTB, Sumbar, Jambi, Bengkulu, Banten, NTT, Babel, Kalteng, dan Riau. Sementara kasus netralitas ASN tersebar di 12 provinsi yakni Sumatera Barat, Jawa Tengah, NTB, Kalimantan Utara, Bengkulu. Berikutnya Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Riau, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Jawa Barat.

13. Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menegaskan, hingga saat ini belum ada pembicaraan soal r4encana pembukaan hubungan diplomatik antara RI dengan Israel. Azis menegaskan, seluruh masyarakat Indonesia bersama pemerintah mendukung penuh kedaulatan Palestina. Penegasan ini menanggapi isu yang menyebut Indonesia menjadi salah satu negara yang dilobi Israel untuk menormalkan hubungan diplomatik. “Sementara ini saya belum mendengar rencana tersebut dari pemerintah, sehingga justru saya mempertanyaan dasar klaim tersebut. Dan saya yakini, pemerintah Indonesia sepenuhnya berdiri bersama rakyat Palestina,” kata Azis dalam keterangan pers, Selasa (15/12).

14. Menko Polhukam Mahfud MD mengkhawatirkan terjadinya kehancuran apabila negara tidak mampu menegakkan keadilan hukum di tengah kemajemukan masyarakat Indonesia. “Saya katakan, kalau negara tidak mampu tegakkan keadilan hukum, maka tinggal tunggu kehancurannya. Hancurnya sejarah bangsa-bangsa terdahulu, ya, karena negara tidak adil,” tegas Mahfud dalam webinar  bertajuk “Mewujudkan Harmoni dalam Kebhinnekaan: Masalah dan Solusinya” yang digelar LIPI, Selasa (15/12).
Mahfud menuturkan, setiap pemerintah mempunyai tanggung jawab berupa pemenuhan keadilan bagi masyarakat. Tanggung jawab ini menjadi tuntutan bagi setiap penguasa untuk menjaga keutuhan bangsa melalui segala harmoni yang dibangunnya.
Menko Polhukam Mahfud MD menyebut Indonesia menjadi negara dengan memegang prinsip pluralisme terbaik di tengah beragam agama yang dianut masyarakatnya. Hal itu ia juga sampaikan saat bertemu Sekjen Rabithah Alam Islami atau World Moslem Leage (WML) Syekh Abdul Karim Al Issa di Arab Saudi pada 8 Desember lalu. “Saya katakan kepada Pak Abdul Karim, bahwa Indonesia itu dicatat sebagai laboratorium pluralisme terbaik dan terbesar di dunia. Sangat plural masyarakatnya. Saya bicara seperti yang kita tahu, kita punya 1.360 suku, tapi bersatu, harmoni,” ujarnya.
Kendati mayoritas penduduknya muslim, tetapi Indonesia juga mempunyai agama resmi lainnya. Yakni, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Berbagai agama itu belum termasuk kepercayaan maupun keyakinan lokal yang dianut masyarakatnya.

15. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian meminta masyarakat bersabar menunggu perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju. Menurut dia, hingga saat ini belum ada sinyal dari Presiden Jokowi mengenai wacana reshuffle. “Belum ada kabar sama sekali, sabar saja menunggu. Saya kira Presiden akan memutuskan yang terbaik,” kata Donny, Selasa (15/12).
Donny mengatakan, Presiden masih terus mempertimbangkan sejumlah nama untuk menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Juliari Batubara untuk kursi Menteri Sosial. Dalam mempertimbangkan nama-nama itu, Jokowi berkonsultasi dengan banyak pihak, mulai dari partai politik hingga masyarakat.

16. Menkes Terawan Agus Putranto mengingatkan anak buahnya di Kemenkes untuk tidak lakukan korupsi dalam persiapan pelaksanaan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) 2021. “Ingat transparansi, akuntabilitas, dan audit ya. Jangan coba-coba melakukan kolusi, korupsi, dan nepotisme,” tegas Terawan dalam keterangan rilis di Jakarta, Selasa (15/12).
Menteri Terawan berpesan agar Kemenkes lakukan belanja sedini mungkin dan sebaiknya proses pengadaan yang sudah berjalan hingga Januari, langsung dieksekusi atau dilaksanakan sehingga ada percepatan. Ia berharap anak buahnya fokus untuk  melaksanakan pekerjaan dengan baik. 
Salam,  🙏😇🌷🇮🇩 Indonesia Maju

Tidak ada komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India