Berita Terkini Sekitar Beberapa Pergantian Menteri Dan Pelantikannya Dikumpulkan Dari Berbagai Sumber Media Mainstream Dan Medsos.

20201223 HARI INI Berita terkini paling menarik
Enam (6)  calon menteri baru Jokowi yang akan dilantik Rabu (23/12) pagi ini juga di Istana Merdeka Jakarta.

Keenam menteri tersebut adalah Tri Rismaharini (Mensos), Budi Gunadi Sadikin (Menkes), SaktiWahyu Tenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan), Sandiaga Uno (Menparekraf), M. Luthfi (Mendag), Yaqut Cholil Kaumas (Menag).
Politisi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengkritik penunjukan Saandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Percuma kemarin saya dan teman-teman koalisi berdarah-darah di Pilpres 2019,” kata Irma Suryani. Penunjukan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menkes menggntikan posisi Terawan Agus Putranto menuai kritikan baik di dunia maya maupun dunia nyata lantaran tidak punya latar belakang di bidang kesehatan.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa – yang tempo hari sempat tidak sejalan dengan Tro Rismaharini, red –, mengucapkan selamat kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang  ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Sosial. Khofifah mengaku senang karena jabatan Mensos yang pernah diembanny, diisi oleh tokoh asal Jatim.
Tim gabungan Satgas Merah Putih Bareskrim Polri dan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangkap jaringan narkoba internasional di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. Total ada 11 orang yang ditangkap polisi dalam kasus ini. Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menyebut kasus dugaan korupsi di tubuh PT Asabri (Persero) menyebabkan negara mengalami kerugian sebesar Rp 17 triliun. ST Burhanuddin mengatakan, kerugian tersebut sebagaimana hasil investigasi BPKP.
Mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri, Brigjen Prasetijo Utomo divonis 3 tahun penjara, sementara Djoko S Tjandra dan eks kuasa hukum Djoko S Tjandra, Anita Kolopaking divonis pidana masing-masing 2 tahun 6 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (23/12). Berikut isu selengkapnya.

1. Presiden Jokowi memperkenalkan 6 calon menteri barunya ke publik yang akan dilantiknya, Rabu (23/12) pagi ini. Mereka adalah Walkot Surabaya Tri Rismaharini sebagai Mensos menggantikan Juliari P Batubara yang terjerat kasus korupsi dana bansos pandemo Covid-19. Mantan Wagub DKI Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama
Kemudian, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Dubes Indonesia Untuk Amerika Serikat Muhammad Luthfi sebagai Menteri Perdagangan. Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dan Ketua GP Anshor Yaqut Cholil Kaumas sebagai Menteri Agama.
Yaqut Cholil Qoumas mengaku kaget saat diminta Presiden Jokowi sebagai Menteri Agama. Menurut Yaqut, dirinya tak pernah membayangkan bakal duduk di kursi menteri. “Tentu yang saya rasakan adalah kaget. Karena dalam mimpi yang paling liar saya, tidak pernah membayangkan menjadi Menteri Agama,” kata Yaqut dalam konfernsi pers yang ditayangkan YouTube Setpres, Selasa (22/12).

2. Menteri Agama (Menag) baru Yaqut Cholil Qoumas tak ingin agama dijadikan alat  politik, baik untuk mengkritik pemerintah maupun merebut kekuasaan atau untuk tujuan-tujuan yang lain. Ia berjanji bakal menjadikan agama sebagai inspirasi, bukan aspirasi. Menurutnya, agama tetap menjadi inspirasi,  membawa nilai-nilai kebaikan dan kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

3. Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) terpilih Sakti Wahyu Trenggono mengaku kaget saat dirinya ditunjuk menggantikan posisi Edhy Prabowo. Menurutnya, tugas baru sebagai Menteri KKP merupakan amanat yang tidak mudah. “Secara mengagetkan juga tiba-tiba saya diminta untuk membenahi kemudian melanjutkan dan mengelola yang namanya kelautan dan perikanan. Amanat ini bukan amanat yang mudah saya kira,” ujar Trenggono dalam konferensi pers yang ditayangkan kanal YouTube Setpres, Selasa (22/12).(teruskan baca narasi 15an artikel di bawah .... 👳👇 )

4. Wakil Sekretaris Jendral Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin berharap Yaqut Cholil Qoumas tidak membuat kegaduhan usai dilantik menjabat Menteri Agama yang baru menggantikan Fachrul Razi. “Semoga tidak membuat gaduh negeri ini,” kata Novel, Selasa (22/12) seraya mengingatkan Yaqut agar tetap bersih dan tak melakukan tindak pidana korupsi. Imbauan ini disampaikan Novel berkaca dari sejumlah mantan menteri agama sebelumnya yang pernah terjerat dan dikaitkan dengan kasus korupsi.

5. Politisi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengkritik penunjukan mantan Cawapres Saandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Menurutnya, penunjukan Sandiaga Uno sebagai Menparekraf membuat perjuangan partai politik yang tergabung di koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf menjadi percuma. “Percuma kemarin saya dan teman-teman koalisi berdarah-darah di Pilpres[ 2019,” kata Irma Suryani, Selasa (22/12).

6. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Irwan menduga posisi Menparekraf yang diberikan kepada Sandiaga Uno merupakan kompensasi karena Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu ikut memenangkan Gibran Rakabuming Raka di Pilwalkot Solo dan Bobby Nasution di Pilwalkot Medan. “Kemungkinan kompensasi politik atas jasa Sandiaga Uno memenangkan anak dan menantu Presiden pada pilkada 2020 yang baru saja selesai,” kata Irwan, Selasa (22/12).

7. Penunjukan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menkes menggntikan posisi Terawan Agus Putranto menuai kritikan baik di dunia maya maupun dunia nyata lantaran tidak punya latar belakang di bidang kesehatan. Seperti diketahui, Budi Gunadi Sadikin adalah sarjana Fisika Nuklir, pernah jadi Dirut Bank Mandiri, Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional, terakhir menjabat Wakil Menteri BUMN.

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra memandang, posisi Menkes tak cukup diisi oleh orang yang memiliki kemampuan manajerial. Menurutnya, tugas menangani efek pandemi Covid-19 mesti dilakukan oleh pejabat yang paham situasi kesehatan masyarakat.
Kritik itu merespons keputusan Presiden Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan RI. “Hemat kami, seharusnya Menteri Kesehatan datang dari rumpun tenaga kesehatan atau orang yang memiliki kemampuan memahami situasi kesehatan. Tapi paling utama dengan latar belakang kesehatan masyarakat,” kata Hermawan, Selasa (22/12

8. Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita meminta pemerintah daerah berkoordinasi dengan BNPB dan TNI untuk menambah lokasi isolasi pasien positif virus corona. Ini harus dilakukan mengingat keterisian tempat tidur rumah sakit (RS) di sejumlah daerah sudah mencapai 80 persen. Wiku mengatakan pasien Covid-19 tanpa gejala agar ditempatkan di tempat isolasi mandiri yang disiapkan pemda. Menurutnya, langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi keterisian RS. “Seperti hotel, yang sudah mendapat izin resmi dari Satgas daerah setempat,” ujarnya dalam konperensi pers, Selasa (22/12) kemarin.

9.Bareskrim Polri menyatakan pihak keluarga dari 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) yang tewas dalam bentrokan dengan Polisi di jalan tol Jakarta-Cikampek menolak diperiksa sebagai saksi. Menurut Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Andi Rian Djajadi, mereka telah mengirimkan surat ke penyidik untuk mengundurkan diri sebagai saksi. “Secara formil, kemarin mereka sudah mengirim surat kepada penyidik dan menyatakan mengundurkan diri menjadi saksi dengan pertimbangan adanya hubungan keluarga dengan para pelaku,” kata Andi, Selasa (22/12).

10. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 membentuk sebuah tim khusus yang bertugas mengawasi kinerja para dokter selama pandemi (Covid-19). Upaya itu dilakukan sebagai langkah preventif untuk mencegah lonjakan kematian dokter. “Satgas sangat peduli dengan isu keselamatan dokter, dan berkomitmen untuk memperjuangkan keselamatan dokter melalui pembentukan tim khusus yang terdiri dari gabungan para pakar, pegiat profesi kedokteran, maupun bidang relawan,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12).

11. Dewan Masjid Indonesia (DMI) melaporkan dugaan tindak pidana pemalsuan surat dan proposal dalam program bantuan sosial pada Kementerian Sosial senilai Rp 131 miliar ke Polda Metro Jaya. Laporan tersebut dilakukan Direktur Program DMI, Munawar Fuad dan telah teregister dalam nomor perkara LP/7552/XII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ tanggal 21 Desember 2020.

12. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang baru saja ditunjuk sebagai Menteri Sosial. Khofifah mengaku senang karena jabatan Mensos yang pernah diembannya pada 2014-2018 itu diisi tokoh asal Jatim. “Selamat, kita semua warga Jatim tentu bahagia Mensosnya dari Jatim lagi,” kata Khofifah, Selasa (22/12). Terpisah, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jatim, Jempin Mabrun menunggu surat pengunduran diri Risma sebagai Wali Kota Surabaya usai ditunjuk jadi Mensos.

13. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma mengaku kaget Presiden Jokowi menunjuk dirinya menjadi Menteri Sosial. Ia menyatakan siap menerima amanat itu dan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Risma menguraikan rencana kerja yang akan dilaksanakannya usai dirinya dilantik jadi Mensos. Di antaranya ingin membenahi data penerima bantuan sosial di Kemensos. Menurutnya, data itu perlu ada pemutakhiran agar bantuan bisa tersalurkan dengan baik. Perbaikan data tersebut perlu dilakukan agar lebih valid dan tingkat kesalahannya rendah. Risma menekankan, kerja Kemensos akan bisa berjalan bila datanya jelas.
Risma juga akan memberikan program pemberdayaan bagi anak fakir miskin dan terlantar untuk menurunkan tingkat kemiskinan. Program ini merupakan yang pertama digagasnya usai Presiden Jokowi menunjuknya sebagai Mensos. Ia ingin anak terlantar dan fakir miskin yang selama ini berada di jalanan bisa menjadi generasi penerus yang berguna untuk bangsa dan negara. “Kami akan perhatikan terutama anak-anak terlantar, fakir miskin, kami prioritaskan mereka untuk program pemberdayaan, sehingga anak-anak bukan hanya menadahkan tangan, tapi bisa melakukan segala sesuatu,” ujarnya.

14. Menteri Kesehatan yang baru, Budi Gunadi Sadikin mengatakan mendapat tugas untuk mengatasi berbagai masalah yang disebabkan pandemi Covid-19. “Kami ditugasi salah satunya adalah untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh virus SARS-Cov2, sehingga anak-anak kita bisa segera kembali bersekolah, agar semua pengusaha, UMKM bisa membuka tokonya dan berdagang seperti biasa, dan semua pekerja datang ke kantornya dan memulai hidup normal, keluarga kita bisa kembali bersilaturahmi,” katanya, Selasa (22/12).

15. Pihak kepolisian menyebut, 201 kilogram sabu yang diamankan di hotel WIR, Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat dikendalikan oleh jaringan narkoba internasional. Indikasinya, ada kode ‘555’ yang merupakan kode jaringan Timur Tengah. “Kode yang sama ‘555’, ini adalah barang memang jaringan internasional dari Timur Tengah. Saya katakan Timur Tengah karena memang kodenya sama,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di parkiran hotel di Jl KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat, Selasa (22/12).
Tim gabungan Satgas Merah Putih Bareskrim Polri dan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangkap jaringan narkoba internasional di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. Total ada 11 orang yang ditangkap polisi dalam kasus ini. “Jadi totalnya ada 11 orang yang ditangkap. 10 Orang sudah diamankan di Polda Metro Jaya dan 1 orang ditangkap di sini, di hotel ini,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Jl KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat, Selasa (22/12) malam.

16. KPK memeriksa istri mantan Menteri KKP Edhy Prabowo, Iis Rosyita Dewi sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster (benur). KPK juga mencecar Iis terkait tas dan jam tangan mewah dari hasil belanjaannya bersama sang suami di Amerika Serikat (AS).

17. Mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri, Brigjen Prasetijo Utomo divonis 3 tahun penjara, sementara Djoko S Tjandra dan eks kuasa hukum Djoko S Tjandra, Anita Kolopaking divonis pidana masing-masing 2 tahun 6 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (23/12).
Prasetijo dinyatakan bersalah karena memerintahkan anak buah untuk dibuatkan surat jalan, surat keterangan bebas COVID, dan surat kesehatan palsu Djoko Tjandra. Sementara Djoko S Tjandra alias Joecan bin Tjandra Kusuma terbukti bersalah lakukan pemalsuan surat secara berlanjut. Anita Kolopaking dinyatakan bersalah menyuruh membuat dokumen palsu berupa surat jalan, surat keterangan bebas Covid-19, dan surat rekomendasi kesehatan.

18. Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri Bahri menemukan anggaran janggal senilai Rp 580 miliar untuk kegiatan-kegiatan DPRD DKI Jakarta dalam APBD DKI 2021. Bahri mengatakan, jenis anggaran baru tersebut tidak ada dalam  tahun  anggaran 2020. Anggaran tersebut tertera dalam sub kegiatan yang akan dilakukan oleh para anggota DPRD DKI Jakarta. Bahri lantas memperlihatkan dokumen terkait enam kegiatan janggal yang dinilai tidak memiliki korelasi langsung dengan hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut jika ditinjau dari aspek indikator, tolok ukur, dan target kinerja kegiatan.

19. Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan angka kematian pasien Covid-19 mengalami peningkatan. “Perkembangan kasus kematian Covid-19 mingguan juga menunjukkan tren yang kurang baik. Terdapat peningkatan jumlah kematian sebesar 3 persen di tingkat nasional dibandingkan minggu sebelumnya,” kata Wiku Adisasmito, Selasa (22/12).

20. Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menggelar pertemuan dengan Menteri BUMN  Erick Thohir membahas perkara dugaan korupsi di PT Asabri (Persero). Dari hasil pertemuan ini, Kejagung akan menangani kasus dugaan korupsi yang terjadi di lingkungan perusahaan pelat merah tersebut. “Kejaksaan bukan mengambil alih kasus ini dari Polri, pertimbangannya calon tersangkanya kebetulan orang/ pelaku juga sama (dengan Jiwasraya), kita juga sudah pengalaman dalam penanganan kasus asuransi Jiwasraya,” ujarnya, kemarin.
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menyebut kasus dugaan korupsi di tubuh PT Asabri (Persero) menyebabkan negara mengalami kerugian sebesar Rp 17 triliun. ST Burhanuddin mengatakan, kerugian tersebut sebagaimana hasil investigasi BPKP. “Kami sudah mendapatkan tentang hasil investigasi dari BPKP yang diperkirakan kerugiannya sekitar Rp 17 triliun. Jadi mungkin lebih banyak sedikit dari Jiwasraya,” ujar Burhanudin usai bertemu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di kantor Kejagung, Jakarta, Selasa (22/12).

21. Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo mengaku telah berkoordinasi dengan Kejagung terkait kasus dugaan korupsi di PT Asabri (Persero). Hasilnya, ditemukan irisan antara kasus Asabri dengan kasus korupsi PT Jiwasraya, sehingga akhirnya Bareskrim menyerahkan kasus itu untuk ditangani oleh Kejagung. “Bareskrim telah lakukan koordinasi dengan Kejaksaan Agung terkait masalah penanganan kasus Asabri, karena beberapa tersangka, modus operandi dan aset yang disita ada irisan antara kasus Jiwasraya dengan Asabri,” kata Sigit, Selasa (22/12). 
Indoneisa Maju


Presiden Jokowi Lantik Enam Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju

Presiden Joko Widodo resmi melantik enam figur calon menteri yang pada Selasa petang kemarin diperkenalkan sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 23 Desember 2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Keenam menteri yang dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 133/P Tahun 2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 tersebut ialah:
1. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama;
2. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan;
3. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial;
4. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan;
5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan; dan
6. Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga melantik lima wakil menteri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 76/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024, yakni:
1. Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan;
2. Edward Omar Sharif Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia;
3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan;
4. Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian; dan
5. Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I.

Presiden Joko Widodo mengambil sumpah jabatan para menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 tersebut yang dilantik pada hari ini.

"Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Acara pelantikan tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan terbatas yang hadir.


Jakarta, 23 Desember 2020
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Website: https://www.presidenri go.id
YouTube: Sekretariat Presiden

Tidak ada komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India