Berita Terheboh Terakhir Ini,Kembali Populer Lagu Koes Plus "Pintu Belakang " Dikumpulkan Dari Mainstream Dan Medsos Seluruh Indonesia.

20201130 SENEN HARI INI,berita Hot.
HOT ISU yang menjadi perbincangan hingga siang ini adalah soal kaburnya Pimpinan FPI Habib Rizieq Syihab (HRS) dari RS Ummi Bogor dan kasus pembantaian satu keluarga di Kabupaten Sigi, Sulteng yang diduga dilakukan oleh kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT).
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyesalkan sikap HRS yang menolak penelusuran kontak erat yang dilakukannya. Sebagai tokoh masyarakat, seharusnya HRS memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Menko Polhukam Mahfud MD meminta HRS kooperatif dan jika merasa sehat, mestinya mau memenuhi panggilan penegak hukum untuk memberikan keterangan yang diperlukan demi keselamatan bersama.
Isu menarik lainnya, mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) yang kini menjabat Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengecam keras aksi terorisme yang terjadi di Desa Lemba Tonga, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Kapolda Sulteng, Irjen (Pol) Abdul Rakhman Baso, menegaskan tidak ada bangunan gereja yang dibakar dalam aksi kekerasan di Kabupaten Sigi. Yang dibakar  hanya rumah yang dijadikan tempat pelayanan umat, bukan gereja.
Juga kabar tentang Ketua MPR Bambang Soesatyo yang mengaku prihatin terkait penetapan bakal besannya, yakni Direktur PT Dua Putra Perkasa Suharjito sebagai tersangka kasus dugaan suap terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo. Berikut isu selengkapnya.

1. Berita atau isu terhangat pagi ini masih soal kaburnya pimpinan FPI, Habib Rizieq Syihab (HRS) dari RS Ummi, Bogor, Jabar yang hingga kini lokasi keberadaannya belum diketahui. Hasil tes swabnya pun masih ditutupi dengan alasan tidak boleh dibuka ke publik. Polisi menyebut HRS meninggalkan RS lewat pintu belakang.
“Kami meminta Saudara Rizieq sebagai tokoh masyarakat untuk kooperatif dan memberikan teladan dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19,” kata Doni dalam keterangannya, Senin (30/11). Sebelumnya, Doni telah menerima laporan dari Wali Kota Bogor Bima Arya dan Direktur Utama Rumah Sakit UMMI Andi Tata perihal apa yang telah dilakukan Rizieq.

2. Menko Polhukam Mahfud MD meminta Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) M Rizieq Syihab kooperatif, baik dalam memenuhi panggilan pemeriksaan penegak hukum maupun pemeriksaan risiko Covid-19 oleh tenaga medis daerah ataupun Satgas Covid-19. Pasalnya, keterangan yang disampaikan Rizieq maupun kondisi kesehatannya demi kepentingan masyarakat.
“Saya mohon Saudara Muhammad Rizieq Syihab untuk kooperatif dalam rangka penegakan hukum. Kalau merasa diri sehat, tentunya tidak keberatan memenuhi panggilan aparat hukum untuk memberikan keterangan yang diperlukan demi keselamatan bersama,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Minggu (29/11) malam.
Menko Polhukam Mahfud MD meminta RS Ummi Bogor dan MER-C memenuhi pemanggilan polisi mengenai perawatan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab. Ia mengatakan, RS Ummi dan MER-C hanya dimintai keterangan terkait data-data teknis perawatan Rizieq Shihab.
“Mungkin hanya dimintai keterangan, jam berapa datang, apa yang diperlihatkan, bagaimana, siapa saja yang masuk dan sebagainya. Jadi tidak harus dianggap dia telah melanggar UU, tetapi dimintai keterangan, itu harus datang, harus kooperatif,” ujar Mahfud dalam konferensi pers di Graha BNPB, Minggu (29/11).
Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan catatan kesehatan (medical record) pasien dapat dibuka untuk keadaan khusus, salah satunya terkait dengan penyakit menular. Pernyataan ini menanggapi penolakan Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab membuka hasil tes swab untuk kepentingan pemeriksaan.
Mahfud mengakui berdasarkan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan memang ada ketentuan pasien memiliki hak untuk tidak membuka medical record, atau meminta agar medical record tidak dibuka. “Tapi disini berlaku dalil lex specialis derogat legi generali, bahwa kalau ada hukum khusus, maka ketentuan yang umum seperti itu bisa disimpan atau tidak harus diberlakukan,” ujarnya, Minggu (29/11).
Mahfud MD menyesalkan tindakan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab karena menolak penelusuran kontak atau tracing terkait pasien Covid-19. “Kami sangat menyesalkan sikap saudara Rizieq Syihab yang menolak untuk dilakukan penelusuran kontak, mengingat yang bersangkutan pernah melakukan kontak erat dengan pasien covid-19,” ujarnya dikutip dari Youtube Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Minggu (29/11).

3. Ketua DPP Front Pembela Islam (FPI) Slamet Maarif membantah bila Imam Besar FPI Muhammad Rizieq Shihab kabur dari Rumah Sakit Ummi, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (28/11) malam. Ia mengklaim, Rizieq sudah diperbolehkan untuk pulang oleh dokter yang merawatnya.
“Dokter dari kemarin sudah mengizinkan pulang masa disebut kabur? Gitu aja repot,” kata Slamet,  Minggu (29/11). Meski demikian, Slamet tak menjelaskan di mana posisi Rizieq usai ke luar dari RS Ummi hingga saat ini. Ia mengaku heran kenapa belakangan ini banyak pihak yang menyerang Rizieq lewat pelbagai isu. Ia mempertanyakan alasan pihak-pihak tersebut menyerang Rizieq.

4. Kuasa hukum Rizieq Syihab sekaligus Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar mengaku tidak mengetahui lokasi keberadaan Rizieq Syihab setelah keluar dari RS Ummi,  Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (29/11) malam. Ia menjelaskan, Rizieq pulang malam kemarin karena kondisi kesehatannya baik dan tidak membutuhkan perawatan di rumah sakit.
“Detailnya di lokasi mana saya tidak tahu. Yang pasti sudah tidak di rumah sakit,” katanya melalui sambungan telepon, Minggu (29/11). Dijelaskan, hingga kini pihak keluarga belum mau membuka hasil pemeriksaan kesehatan Imam Besar FPI itu. “Keadaannya sih tetap baik. Bukan membaik, kalau membaik kan dari tidak baik. Tapi ini tetap baik dan istirahatnya sudah selesai,” kata Aziz.(teruskan baca, 15 lainnya artikel menarik di Indonesia ....👳👇 )

5. Manajemen RS Ummi, Kota Bogor, Jawa Barat meminta maaf atas terjadinya kontroversi seputar kasus tes usap (swab) pemimpin organisasi masyarakat (ormas) Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab. Direktur Utama RS Ummi Bogor, Andi Tatat, mengakui adanya kelemahan dalam sistem manajemen internal di rumah sakitnya sehingga Rizieq Shihab dapat melakukan tes swab secara diam-diam di rumah sakit itu tanpa diketahui pihak rumha sakit.
Pihak keluarga Rizeq menklaim bahwa Riziew telah dites swab oleh tim medis dari MER-C, sebuah organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak di bidang kegawatdaruratan medis dan bekerja secara non-profit.  “Kami akui, ada kelemahan di internal kami dalam melakukan koordinasi dan komunikasi,” kata Andi dalam konferensi persnya di Balai Kota Bogor, Minggu (29/11).

6. Direktur Utama RS UMMI Andi Tatat mengaku pihaknya selalu berkoordinasi dengan Pemkot Bogor perihal penanganan Rizieq. Andi menyebut juga telah berkoordinasi dengan Wali Kota Bogor Bima Arya sebelum Rizieq memutuskan pulang.
“Pertanyaan terkait dengan kenapa beliau (Rizieq) lewat belakang. Dari awal beliau selalu koordinasi dengan kami. Bahkan, sebelum kepulangan beliau, kami juga langsung koordinasi dengan Pak Wali Kota untuk menyampaikan terkait dengan akan pulangnya beliau,” kata Andi di kantor Wali Kota Bogor, Minggu (29/11) seraya menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum menerima hasil pemeriksaan PCR Habib Rizieq Syihab (HRS). RS UMMI saat ini masih berkoordinasi dengan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).

7. Direktur Utama RS UMMI Andi Tatat meminta Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tetap lakukan isolasi mandiri karena hasil tes swab Covid-19 atas dirinya belum keluar. Ia menjelaskan pihaknya sudah mengimbau kepada Rizieq dan keluarganya tetap berada di rumah sakit sambil menunggu hasil tes swab keluar. Namun Rizieq dan keluarga tetap berkukuh meminta untuk pulang.

8. Wali Kota Bogor Bima Arya menilai prosedur penanganan virus Corona (Covid-19) di Rumah Sakit Ummi, Bogor, Jawa Barat saat menangani Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tak sesuai aturan dan prosedur yang berlaku. Bima lantas menyinggung beberapa aturan yang dilanggar oleh RS Ummi terkait penanganan virus Corona. Salah satunya mengenai Surat Keputusan (SK) tentang penetapan rumah sakit (RS) rujukan pasien virus Corona.
“Berdasarkan pegangan, pedoman dari UU dan aturan di atas, kami melihat ada hal yang tidak jelas terkait dengan proses dan prosedur penanganan Covid-19 di RS Ummi Kota Bogor yang tidak sesuai dengan aturan yang kami sebutkan di atas tadi,” kata Bima dalam rekaman yang diterima dari Humas Pemkot Bogor, Minggu (29/11).

9. Pimpinan FPI M Rizieq Syihab akan menjalani pemeriksaan terkait kerumunan di Tebet, Jakarta Selatan dan Petamburan, Jakarta Pusat di Polda Metro Jaya, Selasa (1/12) besok. Kasubditkamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Raindra Ramadhan Syah telah melayangkan surat panggilan terhadap Rizieq Shihab. Dalam surat panggilan disebutkan, Rizieq diminta hadir untuk memberikan keterangan sebagai saksi. \
“Memanggil Rizieq Shihab untuk datang guna didengar keterangannya sebagai saksi sehubungan dengan dugaan tindak pidana di muka umum dengan lisan atau tulisan, menghasut supaya melakukan perbuatan yang dapat dihukum, tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan yang terjadi pada Sabtu, 13 dan 14 November 2020 di Jalan Tebet Utara dan Jalan KS Tubun, Petamburan,” demikian bunyi surat panggilan tersebut.
Sebelumnya, Kasubdit Kamneg Disretkrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan mendatangi rumah Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab di Petamburan, Jakpus, Minggu, (29/11) untuk  menyampaikan surat panggilan kepada Rizieq Shihab terkait pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan. “Iya [soal kerumunan Petamburan], ini hanya pengantaran surat pemanggilan, kepada bapak Muhammad Rizieq Shihab, sudah diberikan kepada pihak keluarga juga,” kata Raindra di Petamburan, Jakarta, Minggu (29/11).

10. Polisi menjadwalkan akan memeriksa Direktur RS Ummi, Bogor, Jawa Barat, hari ini, Senin (30/11). Pemanggilan ini terkait laporan dugaan menghalangi atau menghambat penanganan wabah penyakit menular. Seperti diketahui, Direktur RS Ummi dilaporkan lantaran tidak terbuka dengan Satgas Covid-19 berkaitan dengan hasil uji swab Rizieq Shihab yang sempat dirawat di RS tersebut.
“Selanjutnya pada hari Senin (30/11) tim penyidik gabungan Ditipidum Bareskrim, Direskrimum Polda Jabar, Satreskrim Polresta Bogor lakukan pemeriksaan saksi-saksi,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Minggu (29/11).

11. Epidemiolog Universitas Griifith Australia Dicky Budiman mengatakan semestinya hasil tes usap (tes swab) Covid-19 dijadikan sebagai data terbuka yang tidak perlu ditutupi. Data tes swab diperlukan untuk membantu memudahkan penanganan dan pelacakan kontak erat (tracing) demi memutus mata rantai penularan virus corona oleh petugas kesehatan.
“Inikan harus diketahui tracing ini penting, bahwa ada keterbukaan data pasien bagaimana dia tinggal, ada rekam jejaknya, ada interaksinya dengan siapa, karena keterbukaan data ini untuk kepentingan tracing itu sendiri. Untuk pengendalian pandemi Covid-19,” katanya, Minggu (29/11).

12. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberhentikan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andono Warih dari jabatannya. Keduanya tak lagi menjabat terkait kerumunan massa yang terjadi di kediaman Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Chaidir mengatakan keduanya diberhentikan dari jabatan masing-masing sejak 24 November 2020. Bayu dan Andono dimutasi sebagai anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) hingga ada penugasan lebih lanjut.

13. Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj mengaku positif terinfeksi virus corona. Pengakuan itu disampaikan sekretaris pribadinya, M Sofwan Erce melalui rekaman video yang diunggah ke akun Youtube resmi milik Said Aqil, Kang Said Official, Minggu (29/11). Sofwan menjelaskan,  penyampaian kabar tersebut berdasarkan arahan dari Kiai Said Aqil sendiri b ahwa Covid-19 bukanlah aib untuk ditutup-tutupi. 
“Atas arahan beliau kami disuruh menyampaikan kabar ini dengan harapan dan memohon doa dari bapak ibu sekalian, warga NU, khususnya poro masyayikh mohon doa untuk kesembuhan dan kekuatan beliau menjalani masa-masa penyembuhan ini,” kata Sofwan.

14. Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) yang kini menjabat Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengecam keras aksi terorisme yang terjadi di Desa Lemba Tonga, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. JK menyampaikan ucapan belasungkawa atas kematian satu keluarga dalam peristiwa tersebut.
“Saya menyampaikan belasungkawa yang mendalam, semoga para korban mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan. Dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Saya juga mengecam keras aksi teroris yang melampaui batas batas kemanusiaan yang terjadi di Poso tersebut,” kata JK dalam keterangan pers, Senin (30/11). Ia yakin polisi telah berupaya keras untuk memberantas gerakan terorisme di Tanah Air.

15. Menko Polhukam Mahfud MD memastikan, pemeritah akan mengambil tindakan tegas terhadap pelaku teror yang membunuh empat warga di Dusun Lima Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (27/11) lalu.
“Pemerintah akan melakukan tindakan tegas dan memburu, melalui tim atau Satgas Operasi Tinombala, para pelaku kekejian dan kebengisan terhadap satu keluarga yang menyebabkan terbunuhnya empat orang di Sigi,” ujar Mahfud dikutip dari kanal Youtube Kemenko Polhukam, Minggu (29/11) seraya menambahkan, saat ini Satgas Tinombala sudah melakukan langkah pengejaran terhadap kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang diduga sebagai pelaku teror.
Menko Polhukam Mahfud MD meminta pimpinan umat beragama di Sulawesi Tengah tidak terprovokasi oleh isu SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) dan tetap menjalin silaturahmi. Permintaan itu disampaikan pasca-aksi teror yang menewaskan empat warga di Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.
“Diharapkan oleh pemerintah kepada seluruh pimpinan umat beragama, di Sulawesi Tengah terutama, terus melakukan silaturahim, untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu SARA,” ujar Mahfud, Minggu (29/11).

16. Kapolda Sulteng, Irjen (Pol) Abdul Rakhman Baso, menegaskan tidak ada bangunan gereja yang terbakar atau dibakar dalam aksi kekerasan di Kabupaten Sigi. Yang dibakar  hanya rumah yang dijadikan tempat pelayanan umat, bukan gereja. “Saya ingin meluruskan, di situ tidak ada gereja yang dibakar,” kata Baso dalam jumpa pers di Palu, Minggu (29/11) pagi.
Aparat keamanan mengimbau warga Sigi, Sulawesi Tengah tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. Aparat keamanan menjamin keamanan warga pascapembantaian empat warga Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi.

17. Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyebut  Satgas Tinombala telah diterjunkan guna mengusut kasus pembantaian satu keluarga di desa tersebut. “Masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap tenang karena TNI dan Polri akan berpatroli bersama-sama warga masyarakat. Silakan melaksanakan kegiatan seperti biasa. TNI dan Polri menjamin rasa aman di sana,” kata Argo,  Minggu (29/11).
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas meminta pemerintah mengusut tuntas pelaku pembantaian satu keluarga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah sampai ke akar-akarnya dan membawanya ke pengadilan.
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menegaskan aksi teror yang diduga dilakukan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso pimpinan Ali Kalora di Sigi, Sulawesi Tengah bukan konflik antarumat beragama. “Ini bukan masalah konflik antar umat beragama. Karena itu masyarakat hendaknya tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pemberitaan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan sumber dan kebenarannya,” kata Mu’ti, Minggu (29/11).

18. Presiden Jokowi menilai, negara membutuhkan anak muda yang gesit dan berani untuk memajukan Indonesia di masa depan. “Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi anak-anak muda, yang berani, yang gesit dan penuh semangat menuju Indonesia maju. Itu modal memenangkan pertarungan global,” katanya dalam sambutan secara virtual di acara ulang tahun Partai Solidaritas Indonesia, Minggu (29/11).
Pesiden Jokowi resmi tetapkan Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional. Penetapan itu sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 22 Tahun 2020 yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 27 November 2020.
Presiden Jokowi membubarkan 10 lembaga nonstructural melalui Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2020 yang diteken 26 November 2020 dan telah diundangkan Menkumham Yasonna Laoly. Berdasarkan pertimbangan, pembubaran 10 lembaga itu bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan.

19. Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan, KPK tidak lakukan pemeriksaan secara berlebihan dalam menangani perkara korupsi. “Kalau diibaratkan obat, pas ukurannya, pas takarannya, pas cara mengadonnya, pas cara menggunakannya, jadi tidak ada yang berlebihan,” kata Firli dalam konferensi pers, kemarin menanggapi pernyataan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang meminta KPK tidak berlebihan dalam memeriksa Edhy Prabowo.
Firli mengatakan, tidak ada istilah pemeriksaan yang berlebihan. Ia menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan KPK bertujuan untuk mengungkap keterangan yang sebenar-benarnya dari orang yang diperiksa. Namun Firli tidak bisa memastikan apakah sebuah pemeriksaan dapat berjalan singkat ataupun memakan waktu berjam-jam.
Sebelumnya Menko Marves merangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan meminta KPK agar tidak berlebihan dalam pemeriksaan Edhy Prabowo. “Saya minta KPK periksa sesuai ketentuan yang bagus saja, jangan berlebihan. Saya titip itu saja. Tidak semua orang jelek, banyak orang yang baik kok,” katanya di Gedung KKP, Jakarta seraya memuji sikap Edhy Prabowo yang mengambil langkah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri KP setelah ditetapkan sebagai tersangka.

20. Direktur Center for Media and Democracy LP3ES Wijayanto menyebut, keberhasilan KPK tangkap Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo mengejutkan, seperti hujan di kemarau panjang. Kenapa? Karena, KPK nyaris tidak pernah mengungkap kasus-kasus besar setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.
“Apa makna dan peristiwa yang baru beberapa hari lalu? Jadi, seperti mimpi di siang bolong,” ujar Wijayanto dalam webinar bertajuk Evaluasi dan Prospek Hukum dan Demokrasi: Mungkinkah KPK Bangkit Kembali yang digelar LP3ES, Minggu (29/11).

21. Ketua MPR Bambang Soesatyo mengaku prihatin terkait penetapan bakal besannya yakni Direktur PT Dua Putra Perkasa Suharjito sebagai tersangka kasus dugaan suap terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo. Suharjito ditetapkan sebagai tersangka kasus suap penetapan izin ekspor benih lobster yang ditangani KPK.
Anak Suharjito, Raharditya Bagus Perkasa, diketahui telah melamar Laras Shintya Puteri Soesatyo yang merupakan putri Bambang Soesatyo. “Kalau orangtuanya melakukan sesuatu, apa yang kamu rasakan? Iya, itu yang saya rasakan. Ya intinya tentunya saya prihatin,” ujar Bamsoet, Minggu (29/11). Bamsoet menuturkan, sebagai orang tua, ia berupaya menjaga perasaan putrinya agar tetap tegar. 
Salam, 🙏😇🌷🇮🇩 Indonesia Maju

Tidak ada komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India