Berita Penting Terkait Pengganti Edhy Prabowo Dan Ketum DP-MUI Kumpulan Dari Mainstream dan Medsos Indonesia.

20201127 JUMAT HARI INI.
SALAH satu HOT ISUE yang berkembang pada Jumat  hari ini adalah soal pengganti Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, diantara yang menguat adalah Sandiaga Uno. Banyak yang berharap Sandiaga mendampingi Prabowo Subianto di Kabinet Jokowi-Ma’ruf. Isu lainnya soal penunjukan Menko Marves Lubut Pandjaitan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan ad Interim.

Berita menarik lainnya adalah Polda Jabar meningkatkan status hukum berkaitan dugaan pelanggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada acara peletakan batu pertama Pondok Pesantren (Ponpes) Alam Agrokultural Markaz Syariah yang dihadiri Habib Rizieq Syihab di Megamendung, Bogor. Kini perkara tersebut naik ke penyidikan. Polisi pun bicara soal kemungkinan Rizieq dan penyelenggara acara tersebut menjadi tersangka.

Juga soal simpang siur mengenai kondisi kesehatan Habib Rizieq Syihab mulai terang. Habib Rizieq dan istrinya saat ini dirawat di RS UMMI, Kota Bogor, Jawa Barat. Direktur Utama RS Ummi Bogor, Andi Tatat menjelaskan Habib Rizieq dan istrinya masih beristirahat di RS Ummi Bogor, dirawat di ruangan president suite sejak Kamis (26/11). Wali Kota Bogor Bima Arya meminta Habib Rizieq Syihab segera menjalani tes swab dan permintaan itu sudah ia sampaikan ke pihak RS UMMI. Ia menyatakan, Pemkot Bogor siap memfasilitasi tes swab Habib Rizieq.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama Indonesia (MUI), sementara Miftachul Akhyar terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa bhakti 2020-2025. Keduanya terpilih berdasarkan musyawarah 17 anggota tim formatur yang dipilih peserta Munas X MUI yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (26/11) malam. 

Berikut isue selengkapnya.

1.Usai Edhy Prabowo menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan setelah jadi tersangka kasus suap penetapan izin ekspor benih lobster, kini bursa pengganti Edhy Prabowo di kabinet mulai menghangat. Beberapa nama politisi Gerindra mulai ditembakkan ke atas untuk memudahkan Presiden Jokowi memilihnya.

Ada yang menyebut nama Sufmi Dasco Ahmad yang kini menduduki jabatan Wakil Ketua DPR, ada yang menyodorkan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani yang menjabat Wakil Ketua MPR, dan banyak sekali yang berharap mantan Cawapres Prabowo yakni Sandiaga Uno karena dia belum kebagian jabatan samak sekali.

Menanggapi isu tersebut, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad bicara normative. Ia mengatakan, Partai Gerindra menyerahkan wewenang sepenuhnya soal pengganti Edhy Prabowo kepada Presiden Jokowi. Gerindra tidak ikut campur dalam pergantian Edhy Prabowo.

“Iya kalau sebagai menteri tentunya itu adalah hak prerogatif presiden. Kami dari Partai Gerindra tidak mencampuri dan kita akan tunggu saja bagaimana kebijakan dari Pak Presiden,” kata Sufmi Dasco Ahmad di gedung DPR, Kamis (26/11).

2.Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menjalani pemeriksaan perdana usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait penetapan izin ekspor benih lobster oleh KPK. Edhy tiba di gedung Merah Putih KPK sekitar pukul 11.45 WIB. Ia mengenakan rompi oranye bertuliskan tahanan KPK, tangannya diborgol, memakai masker dan face shield.

3.Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo menjalani isolasi mandiri selama 14 hari sesuai protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona. “Sebelum dilakukan penahanan, tersangka EP [Edhy Prabowo] dkk tentunya telah dilakukan prosedur pe himeriksaan kesehatan menyeluruh oleh Dokter Poliklinik KPK,” kata Plt Jubir Penindakan KPK, Ali Fikri, Kamis (26/11).

4.Presiden Jokowi tunjuk Luhut Binsir Pandjaitan menjadi ad interim Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), pengganti sementara Menteri Edhy Prabowo. Edhy diganti setelah ditangkap KPK atas dugaan korupsi ekspor benih lobster (benur). Penunjukan Luhut melalui surat yang diteken Mensesneg Pratikno.  (Teruskan Baca puluhan artikel lainnya di bawah ini....๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡ )      https://www.infotangsel.co.id/2020/11/ini-resume-hot-isue-yang-dihimpun-dari.html ]

“Menko Luhut telah menerima surat dari Mensesneg yang menyampaikan bahwa berkaitan dengan proses pemeriksaan oleh KPK terhadap Menteri KKP, maka Presiden menunjuk Menko Maritim dan Investasi s noebagai Menteri KKP ad interim,” ujar Humas Kemenko Maritim dan Investasi, Rabu (25/11) malam.

5.Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan panggil Sekjen Kementerian Kelautan j in Junedan Perikanan (KKP) Antam Novambar dan Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan TB. Haeru Rahayu ke kantornya, Kamis (26/11).

Luhut meminta keduanya memastikan, pekerjaan di jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan tetap berjalan meski bos mereka Edhy Prabowo terjaring OTT KPK. “Pokoknya program yang baik jangan terhenti, kita lakukan evaluasi jika ada yang perlu diperbaiki,” ujar Luhut seperti dikutip dari pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Kamis (26/11).

6.Eks menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menanggapi soal ekspor benih lobster sehari sebelum Menteri KKP Edhy Prabowo ditangkap KPK pada Rabu (25/11) dini hari. Susi mencuitkan pandangannya lewat akun Twitter-nya, @susipudjiastuti pada Selasa (24/11) pukul 16:54 WIB. “Harga tak Menentu, Bisnis Ilegal Benur Lobster di Pesisir Barat Lampung Rugikan Nelayan,” kicau Susi merujuk pada salah satu artikel di media online.

7.KPK resmi menahan Stafsus Menteri KP Edhy Prabowo, Andreau Pribadi Misata (APM) dan Amiril Mukminin (AM) setelah kedua tersangka ini menyerahkan diri kepada KPK pada Kamis (26/11). “Untuk kepentingan penyidikan, KPK lakukan penahanan Tersangka AM dan APM selama 20 hari terhitung sejak tanggal 26 November 2020 sampai dengan 15 Desember 2020 di rutan KPK Cabang Gedung Merah Putih,” kata Deputi Penindakan KPK, Karyoto saat jumpa pers di Kantornya, Jakarta, Kamis (26/11).

8.Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah mengancam akan jatuhkan sanksi kepada Andreau Pribadi Misanta (kader PDIP yang kini menjadi Stafsus Menteri KP Edhy Prabowo, red), apabila yang bersangkutan terlibat kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster. “Tentu sanksi tegas akan diberikan,” kata Basarah dalam keterangan tertulis, Kamis (26/11).

Basarah menjelaskan, usai gagal lolos ke Senayan, Andreau tak aktif lagi berpartai. Wakil Ketua MPR ini memastikan, segala bentuk perilaku dan tindak tanduk Andreau sama sekali tidak berkaitan dengan PDIP. Pasalnya, langkah menjadi Stafsus Edhy merupakan keputusan Andreau secara pribadi.

9.Polda Jabar meningkatkan status hukum berkaitan dugaan pelanggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada acara peletakan batu pertama Pondok Pesantren (Ponpes) Alam Agrokultural Markaz Syariah yang dihadiri Habib Rizieq Syihab di Megamendung, Bogor. Kini perkara tersebut naik ke penyidikan. Polisi pun bicara soal kemungkinan Rizieq dan penyelenggara acara tersebut menjadi tersangka.

Peningkatan status hukum itu berdasarkan hasil penyelidikan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar yang mengklarifikasi sejumlah pihak. Selepas rangkaian klarifikasi tersebut polisi lakukan gelar perkara. “Diputuskan bahwasannya kegiatan penyelidikan ditingkatkan ke penyidikan,” ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar, Kombes CH Patoppoi di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Kamis (26/11).

10.Front Pembela Islam (FPI) menilai, pernyataan Polda Jabar yang menyebut Habib Rizieq Syihab punya potensi jadi tersangka dalam kasus kerumunan di Megamendung, Bogor sebagai hal aneh. “Belum apa-apa sudah bilang potensi, itu aneh bin ajaib. Itu namanya sewenang-wenang tanpa hukum,” ucap kuasa hukum FPI Aziz Yanuar, saat dihubungi wartawan, Kamis (26/11).

Dia membandingkan kerumunan di Megamendung dengan beberapa kasus kerumunan di daerah lain. Kerumunan tidak jaga jarak terjadi masif di Solo, Surabaya, Banyumas, Indramayu, Pekalongan, Banjarmasin, Magelang, bahkan kemarin di Minahasa, sulut begitu luar biasa. Pada kerumunan tersebut tidak ada sama sekali tindakan hukum apapun.

11.Ketua FPI Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Welly diciduk aparat kepolisian lantaran mengunggah foto Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menggendong Presiden Jokowi di media sosial.

“Dari pemeriksaan, Welly pelaku ujaran kebencian itu merupakan Ketua FPI Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang. Pelaku terbukti mem-posting foto Megawati Soekarnoputri menggendong Presiden Joko Widodo melalui akun media sosial Facebook,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, kepada wartawan, Kamis (26/11).

12.Simpang siur soal kabar Habib Rizieq Syihab mulai jelas. Habib Rizieq, dan istrinya saat ini dirawat di RS UMMI, Kota Bogor, Jawa Barat. FPI menyampaikan Habib Rizieq dalam kondisi baik. Dia hanya sedang check-up di rumah sakit karena kelelahan usai bertemu dengan pendukungnya.

“Alhamdulillah, IB-HRS dalam kondisi sangat baik, sehat walafiat. Sejak kemarin IB-HRS datang ke RS UMMI meminta ‘General Check-Up’ karena sempat kelelahan saat disambut, disalami, dipeluk, dan diciumi ribuan umat Islam yang rindu dan antusias,” Ketua DPP Front Pembela Islam (FPI) Slamet Maarif, Jumat (27/11) hari ini.


13.Direktur Utama RS Ummi Bogor, Andi Tatat menjelaskan Habib Rizieq dan istrinya masih beristirahat di RS Ummi Bogor. Habib Rizieq dirawat di ruangan president suite sejak Kamis (26/11) kemarin.

“Kita lihat pantauan (sampai kapan Rizieq dirawat). Karena beliau supaya… kalau dari tim dokter supaya beliau juga bisa istirahat. Karena kalau beliau dilepas (keluar dari RS), beliau segera aktivitas lagi nih. Kayaknya supaya beliau benar-benar istirahat total,” ujarnya seraya menambahkan, Habib Rizieq hanya kecapaian saja dan kondisinya baik.

14.Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, pihak rumah sakit tidak bisa menerima tamu termasuk oleh FPI maupun PA 212. “Habib sendiri menyampaikan bahwa tidak ingin untuk dijenguk dulu karena mau istirahat, oleh siapapun, tidak ingin dijenguk gitu. Jadi minta diberi kesempatan untuk istirahat total,” kata Bima Arya, Kamis (26/11).

Bima memastikan tidak ada kerumunan selama Habib Rizieq dirawat di RS UMMI Bogor. Ia meminta warga dan jemaah lain tidak berkumpul di RS UMMI, cukup doakan Habib Rizieq dari rumah masing-masing.

15.Wali Kota Bogor Bima Arya meminta Habib Rizieq Syihab segera menjalani tes swab dan permintaan itu sudah ia sampaikan ke pihak RS UMMI. Ia menyatakan, Pemkot Bogor siap memfasilitasi tes swab Habib Rizieq. “Saya sampaikan lagi agar Habib jalani PCR test. Pihak RS merespons dengan baik dan sudah sampaikan ke pihak keluarga. Saat ini sedang dirundingkan oleh pihak keluarga,” ujar Bima.


16.Personel gabungan TNI-Polri di sejumlah daerah menurunkan baliho gambar pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab. Polri menegaskan baliho Rizieq diturunkan karena melanggar peraturan daerah (perda). “Sudah melanggar perda karena tidak sesuai dengan peruntukannya,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam keterangan tertulis, Kamis (26/11).

Argo menegaskan, Polri mendukung kegiatan pencopotan baliho Habib Rizieq yang digerakkan oleh Kodam Jaya. Selain melanggar Perda, Argo mengatakan baliho tersebut mengandung unsur provokasi. “Polri mendukung langkah-langkah yang diambil oleh Kodam Jaya dalam menertibkan baliho ucapan selamat datang dan revolusi akhlak Habib Rizieq Syihab yang mengandung unsur provokasi,” ujarnya.

17.Ketua Front Pembela Islam (FPI) Provinsi DKI Jakarta Muchsin Alatas mengungkapkan isi pertemuannya dengan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman. Ia menjelaskan, pertemuan itu semata-mata silaturahmi para pimpinan FPI DKI Jakarta dengan Pangdam Jaya.

Muchsin mengatakan Mayjen TNI Dudung mengajak FPI bersama-sama menertibkan baliho-baliho bergambar Habib Rizieq Syihab yang tersebar di penjuru Jakarta. Muchsin mengaku siap membantu Pangdam Jaya menertibkan baliho tersebut. “Ya kita dari FPI siap membantu bekerja sama seperti yang diinginkan Pangdam Jaya untuk menertibkan baliho Habib Rizieq yang ada di Jakarta,” kata Muchsin, Kamis (26/11).

18.Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama Indonesia (MUI), sementara Miftachul Akhyar terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa bhakti 2020-2025. Keduanya terpilih berdasarkan musyawarah 17 anggota tim formatur yang dipilih peserta Munas X MUI yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (26/11) malam.

19.Satgas Penanganan Covid-19 meminta warga Petamburan, Jakpus tidak menolak tes swab PCR sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mendeteksi Covid-19. “Kami ingatkan kepada masyarakat untuk tidak menghalang-halangi upaya petugas yang akan melakukan pemeriksaan. Tindakan menghalang-halangi ini akan menghambat upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah,” kata jubir Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam siaran langsung yang disiarkan kanal Sekretariat Presiden di Youtube, Kamis (26/11).

20.Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito menyebut pemberian izin pakai darurat (EUA) vaksin tidak selalu harus melalui fase uji klinis lebih dulu di Indonesia. Jika otoritas kesehatan negara lain atau tim peneliti vaksin sudah memiliki data hasil uji klinis, BPOM hanya perlu melakukan kajian ulang terkait kelayakan dan penggunaan vaksin tersebut.

“Tidak selalu harus melewati uji klinis di Indonesia ya, jika sudah tersedia data uji klinisnya, tentunya menjadi bahan yang akan dikaji BPOM untuk mengevaluasi kelayakannya agar bisa mengeluarkan EUA di Indonesia,” kata Penny dalam konferensi pers daring melalui Zoom, Kamis (26/11).

21.TNI mengungkapkan tiga prajuritnya yang terluka akibat tertembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) kini dalam kondisi stabil. Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan penyerangan itu terjadi saat pasukan gabungan dari Yonif R 700/WYC sedang berpatroli di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Kamis (26/11).

Ia menyebut pelaku penyerangan adalah KKB dari kelompok Egianus Kogoya. Kontak tembak, katanya, terjadi kurang lebih 30 menit. “Kontak senjata pada hari ini terjadi sekitar pukul 15.15 di sekitar Kampung Kendibam, Distrik Kenyam, Kab. Nduga,” ujarnya, di Jakarta, Kamis (26/11). 

Salam,  ๐Ÿ™๐Ÿ˜‡๐ŸŒท๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ Indonesia Maju.

INFOTANGSEL.CO.ID

  https://www.infotangsel.co.id/2020/11/ini-resume-hot-isue-yang-dihimpun-dari.html ]

Tidak ada komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India