ADA 153 PERUSAHAAN YG ANTRE MASUK KE INDONESIA

 

Nah ADA 153 PERUSAHAAN YG ANTRE MASUK KE INDONESIA USAI DISAHKAN UU CIPTA KERJA loh brayy

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan 153 perusahaan tsb kemungkinan merupakan industri yg bergerak di sektor manufaktur.

Airlangga pun optimistis, Indonesia dibandingkan dg negara ASEAN lainnya memiliki ekonomi yg besar, tentu akan dilirik oleh perusahaan asal luar negeri. Ini merupakan momentum agar Indonesia bisa menarik investasi untuk masuk ke dalam negeri.

Dg adanya trade war China dan Amerika Serikat, di mana produk² China mendapatkan bea masuk 25% sampai 30%, mereka melihat mestinya ada negara lain. Negara lain ini di ASEAN dengan ekonomi terbesar adalah Indonesia.

Indonesia punya supply chain yg cukup bagus, plus Indonesia punya domestik market. Jadi untuk China plus one, satu negara ini diharapkan bisa ditarik oleh BKPM untuk investasi ke Indonesia.

Daftar perusahaan secara rinci ada di Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM). Namun untuk sektor² nya adalah manufaktur, otomotif, dan petrokimia. Yg kita tunggu adalah sektor padat karya yg menyerap banyak lapangan kerja.

Dg UU Cipta Kerja ini akan makin banyak perusahaan asing yg masuk ke Indonesia, sehingga lapangan kerja makin banyak tersedia.

Kita melihat, sebagai contoh di Bintan ada kelas menengah masuk ke Bintan, Batam, Karimun menawarkan 5 tahun sewa gratis. Dari AS modifikasi kendaraan dan sektor yg merupakan komponen elektronik.

Jika dilihat berdasarkan skala prioritas, pemerintah tidak akan menganakemaskan satu sektor dg sektor lainnya.

Terpenting, dalam memberikan ruang untuk meningkatkan investasi, pemerintah akan menyesuaikan juga dg situasi di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Pemerintah tidak pick champion. Tapi sektornya pertanian, kelautan, dan perikanan, ESDM, kemudian perumahan, dan tentu sektor yg sifatnya suportif. Misalnya untuk mendorong agar sumber daya manusia bisa di tingkatkan.

Sektor pendidikan akan menjadi prioritas bagi pemerintah. Terutama di saat seperti ini, post pandemi ini kebutuhan jenis pekerjaan akan berbeda. Maka soft infrastruktur diperlukan agar ekonomi kita bangkit.

https://s.id/sKifG

Tidak ada komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India